Format Film di Internet

Berbagai format film saat ini beredar di internet. Ada yg gratis dan ada juga yg berbayar.

Beberapa format yang tersedia adalah sbb:

DVDRip
Copy dari final released DVD. diConvert menjadi file berbentuk SCVD dan Divx/Xvid dengan kualitas yg cukup baik. (tergantung dari master DVD yg ingin di Convert)

DVD Screener
Copy film dalam bentuk promosi (belum di release utk umum),yg di kirim dari sebuah perusahaan film studio. (dalam bentuk DVD Disk) yg belum di sensor, di kritik, dsb. biasanya film2 DVD Screener sudah beredar dahulu di internet (di bajak dari orang dalam) dalam bentuk SVCD, DivX, XviD or DVDR. copy an dari DVD Screener biasanya memiliki kualitas yg baik sama dengan final realese nya. kekurangan nya biasanya di sertai dengan ekstra film lain nya.

DivX Re-Enc
DivX Re-Enc adalah seuatu jenis format yg di ambil dari sumber VCD asli dan kemudian di re-encoded menjadi kecil seperti DivX file. biasanya format seperti itu hanya di temukan pada file sharing.

CAMRip
CamRip biasanya di ambil atau di rekam dari suatu bisokop dengan mengunakan a digital video camera (atau jenisinya). biasanya film jenis ini sangat buruk kualitasnya di karenakan oleh sudut pengambilan yg kurang baik, atau goncangan camera. serta kualitas suara yg buruk karena mengunakan onboard microphone pada camera tersebut.

VHSRip
VHSRip adalah hasil transfer dari kaset VHS (biasanya dari video VHS) seperti olahraga,video dsb,yg di convert dalam bentuk SVCD/VCD/Divx/Xvid.

TELESYNC (TS)
Telesync sama dengan cam hanya bedanya menggunakan eksternal Audio (seperti mic dengan konektor audio jack). meskipun menggunakan sumber suara eksternal spt itu,tidak menjamin kualitas audio akan menjadi bagus karena bisa juga terjadi ganguan suara dari luar.(seperti orang batuk,jalan dsb) umunnya TELESYNC film di ambil dari bioskop yg kosong (tanpa penoton) atau dari projection yg diambil oleh professional camera sehingga hasilnya juga jauh lebih baik dari CAM baik dari segi gambar dan sudut pandang.

TvRip
Adalah format yg di ambil dari media Tv seperti acara,olahraga,berita,wawancara dsb. baik yg berasal dari TV cable/stellite . PDTV (Pure Digital Television) memiliki kualitas yg baik,yg di ambil dari TV PCI card (atau Tv tunner) umumnya kualitasnya lebih baik. dan semua jenis itu di convert dalam bentuk SVCD/VCD/Divx/Xvid.

VCD
VCD adalah dasar format mpeg1 dengan constant bitrate 1150kbit pada resolusi 352×240 (NTCS). VCD biasanya di gunakan untuk transfer dengan kualitas rendah seperti (CAM/TS/TC/Screener(VHS)/TVrip(analogue) di buat dengan ukuran yg kecil dan layak dalam satu jenis ukuran disk (cd 650Mb). biasanya jenis format VCDs dan SVCD umunya lebih mengunakan ukuran waktu di banding Mb.

SVCD
SVCD adalah dasar format mpeg2 (sama dengan DVD). dengan bit-rates di atas 2500kbitspada resolusi 480×480 (NTSC)
dengan decompressed kedalam 4:3 aspect ratio pada saat play back. karena perbedaan bit-rate dan lebih panjang di banding dengan VCD maka tdk akan muat di masukan ke dalam single CDR.

XVCD/XSVCD
Sama dengan format dasar (VCD/SVCD) yg memiliki resolusi dan bit-rates tinggi (spt VCD/SVCD).tetapi format XVCD/XSVCD biasanya tergantung oleh player yg akan di gunakan (umunya tdk semua support sept VCD). X(S)VCD adalah bukan standar resmi. dan biasanya hanya di gunakan pribadi untuk home-ripping oleh orang2 yg memang tdk ada niat utk di perjualbelikan.

DivX / XviD
DivX adalah format disain untuk multimedia yg menggunakan 2 codecs (one low motion dan one high motion),biasanya banyak film2 lama hanya mengunakan encoded low motion. DivX / XviD menggunakan format MPEG-4. DivX / XviD condec memiliki kompresi yg kecil dengan kualitas yg bagus (sehingga di jadikan standar multimedia). umunya DivX / XviD diambil dari DVDs dan dengan waktu yg agak panjang (umum nya lebih dari 2 jam) dengan kualitas bagus.

CVD
CVD adalah kombinasi dari format VCD dan SVCD yg umumnya supoort dengan kebanyakan DVD players. dan support MPEG2
bit-rates SVCD, dengan menggunakan resolusi 352×480(ntsc). umumnya orang jarang sekali ada yg merelease dalam format CVD.

DVD-R
DVD-R adalah recordable DVD seperti (DVD-RAM, DVD-R and DVD+R) dengan kapasitas 4,7 GB dalam satu sisi. dan dua sisi
DVD-R memiliki ukuran yg lebih besar mendekati 10 GB.umunya DVD-R di gunakan utk film dengan durasi di atas 2 jam.

MiniDVD
MiniDVD/cDVD adalah format yg sama seperti DVD tetapi dalam standard ukuran kecil seperti CDR/CDRW. karena besarnya resolusi dan bit-rates maka MiniDVD hanya bisa muat sekitar 18-21 menit saja. dan format MiniDVD hanya support di beberapa player saja.

Sumber: google.com

~ by gusdek on September 3, 2008.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: