Detik-detik kelulusan Magister

Setelah 1 bulan terakhir ini jadwal bimbingan ama pak Ucok jadi padat banget. Target ngejar lulus semester ini. Khan lumayan tuh bayarnya klo mesti nambah satu semester lagi hehe

Akhirnya dapat jadwal ujian thesis hari Senin, 28 Juli 2008. Jam 09:00 WIB di Gedung C, 3112.

Pengujinya Pak Heru, Pak Rahmat, dan Pak Wisnu. Deg”an juga nie jadinya…

Sehari sebelum sidang, masi sibuk berkutat ama file presentasi. Pokoknya harus bisa membuat dosen” penguji berkesan ama presentasi yg dibuat. Khan ada poin juga dalam penilaian.

Paginya ak berangkat dari rumah pukul 8.20. Dianter ama istri coz masi ngantuk, khan klo ada yg nyopirin jadi bisa istirahat sejenak di perjalanan hehe

Sampe di kampus jam 09.00. Dosen penguji blum ada yg dateng. Pak Ucok juga blum dateng. Beberapa menit kemudian Pak Rahmat datang. Informasi dari beliau bahwa Pak Ucok lagi ada tamu dr Malaysia. Beberapa menit kemudian Pak Wisnu masuk ke ruangan. Kita sempat ngobrol” dulu sambil menunggu Pak Ucok dan Pak Heru datang.

Akhirnya ujian thesis dimulai pukul 09.20 menit. Pak Ucok sekaligus bertindak sebagai moderator dalam sidang. Presentasi ak lakukan dengan penuh percaya diri. Berusaha tampil semaksimal mungkin, meskipun mulut rasanya kering pengen menegak segelas air putih (apalagi ngliat para dosen penguji dan pembimbing yang disediakan minuman dan snack pada saat sidang).

Setelah sesi presentasi, dilanjutkan dengan sesi tanya jawab. Kesempatan pertama diberikan kepada Pak Heru, kemudian Pak Wisnu, dan selanjutnya Pak Rahmat.

Semua pertanyaan berusaha ak jawab dengan sebaik mungkin. Dosen penguji menanggapi jawaban yang ak berikan, dan memberi masukan berupa saran dan kritikan. Pak Ucok selaku dosen pembimbing juga ikut menguatkan jawabanku dengan menambahkan beberapa tanggapan. Dari semua dosen aku mendapat banyak sekali masukan untuk penelitian thesisku.

Setelah sesi tanya jawab selesai, para dosen kemudian melakukan rapat tertutup untuk mendiskusikan hasil ujianku hari ini. Ak menunggu hasilnya di luar ruangan. Entah kenapa perasaanku saat itu tenang banget. Aku berusaha tetap tenang dan yakin.

Beberapa menit kemudian Pak Rahmat membuka pintu dan memanggilku untuk masuk ke ruangan.

Pak Ucok kemudian membacakan hasil ujianku hari ini.

…..Aku dinyatakan LULUS…..

Bahagia banget rasanya hari ini…, meskipun ada beberapa revisi yang masih harus ak lakukan untuk laporan thesis ini, tp perasaan terasa plong banget saat ini.

Terima Kasih untuk Ida Sang Hyang Widhi Wasa, Ibu, Ajik(alm), Ibu dan Ajik Mertua, Istriku Tiwi, Anakku GusAta, Kakakku Gustu, Adikku Gusman, Meongku Goldy & Tamtam, Gukguk Sisy, rekan” S2, Pak Ucok, Pak Heru, Pak Rahmat, Pak Wisnu, Pak Wahyu,  dosen” Fasilkom lainnya, staf Fasilkom, semua teman” dan keluarga yang tidak sempat kusebutkan satu” namanya,… Terima Kasih atas segala dukungan dan masukan yang telah diberikan selama ini…

Semoga Ilmu yg kuperoleh dapat berguna bagi diri sendiri, dan semua orang di negara ini bahkan di dunia ini.

Salam Sukses Selalu.

(^_^)

~ by gusdek on July 28, 2008.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: