Tips merawat dan menggunakan Monitor LCD

Berikut adalah tips untuk merawat dan menggunakan monitor LCD yang aku kutip dari Kompas.com:

  • Perhatikan suhu dan kelembaban udara. Idealnya, suhu ruangan berada di kisaran 68-77 derajat.  Menggunakan penyejuk udara merupakan solusi, tapi ingat, penggunaan sebuah produk elektronik secara berlebihan (non-stop) tetap akan meningkatkan suhu udara. Apalagi bila di dalam satu ruangan terdapat banyak produk yang semuanya bekerja tanpa henti.
  • Kebersihan ruangan tentu yang utama. Apalagi layar LCD sangat rentan terhadap debu dan cairan. Debu bisa menyebabkan perubahan pada warna. Lakukan perawatan serius terhadap produk ini, karena kesalahan kecil bisa menyebabkan tidak hanya penurunan kualitas warna tapi juga karatan, kegagalan pemakaian ataupun kerusakan elektrik. Anda bisa menggunakan screen protector untuk perlindungan ekstra.
  • Saat membersihkan layar monitor, gunakan kain lembut dan cairan khusus pembersih monitor. Matikan semua kontak listrik dan pastikan untuk tidak menyemprotkan cairan secara langsung ke monitor.
  • Hati-hati saat ingin memindahkan LCD ke tempat lain. Ingat, LCD terbuat dari kaca. Kelalaian seperti guncangan atau guratan kecil tidak hanya akan mengurangi kualitas gambar tapi bisa menyebabkan kerusakan menyeluruh.
  • Jangan membongkar LCD untuk alasan apapun, kecuali menyerahkannya kepada ahlinya. Anda juga harus menset monitor sesuai dengan petunjuk pemakaian dan jangan menyalakan monitor secara non-stop.
  • Jauhkan monitor dari benda-benda elektronik untuk menghindarkan gangguan maknetik yang bisa merusak tampilan layar. Sinar matahari langsung juga bisa mempersingkat usia monitor.

Sumber Bacaan:

Kompas.com

~ by gusdek on June 10, 2008.

7 Responses to “Tips merawat dan menggunakan Monitor LCD”

  1. Pak, itu suhu ruangan 68-77 derajat dalam satuan apa yach ?
    Aku punya tetangga beli LCD dan dia belum punya AC, apakah bisa diganti dengan kipas angin saja ?

  2. lcd kotor gmna??

  3. @Mida:
    Kalo LCD kotor, ada pembersihnya… beli aja di toko komputer. Harganya 25 ribu-an. Nanti bisa dihilangkan debunya dulu dengan kuas dari pembersih tersebut. Kemudian bisa dilap dengan kain yang telah diberi cairan khusus. Gitu…

  4. wah bagus nih info nya , tak kira karna LCD itu liquid nggak terpengaruh sama maghnet , eh ternyata terpengaruh juga ya ,, duh taruh mana nih speaker .. hehhe .. thks info nya sekali lagi

  5. untuk penutupan LCD neetbok gimana ? da solusi ?

  6. info bermanfaat,gan. Ane langsung praktekin

  7. […] Tips merawat dan menggunakan Monitor LCD […]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: