9 Prinsip menjadi Orang Tua yang baik

Artikel ini ak ambil dari kompas.com

Cukup berguna untuk disimpan :)

1. Yang utama, apa yang Anda lakukan
Hal ini merupakan salah satu prinsip terpenting. Anak-anak memerhatikan Anda. Jangan memberikan reaksi yang impulsif.

2. Terlibat dalam kehidupan anak
Tentu membutuhkan waktu dan Anda perlu menyusun kembali prioritas Anda. Seringkali, ini berarti mengorbankan apa yang ingin Anda lakukan, dengan melakukan apa yang diinginkan atau diperlukan anak. Selalu siap untuk anak Anda baik secara mental maupun fisik.

3. Sesuaikan dengan karakter anak
Setiap anak memiliki karakter berbeda. Misalnya, anak kelas 2 SMP yang mudah merasa terganggu dan cepat marah, nilainya di kelas sangat jelek. Bisa jadi anak Anda sedang merasa depresi. Memaksanya untuk melakukan keinginan orangtua bukan merupakan jawaban. Jika perlu, permasalahan ini harus didiagnosa oleh seorang profesional.

4. Menetapkan dan menerapkan aturan
Bila Anda tidak mengatur perilaku anak dari kecil, Anda akan mengalami kesulitan pada saat dia lebih besar, terlebih ketika Anda tidak ada di dekatnya. Aturan yang dipelajari anak dari orangtua sejak kecil, akan membentuk aturan-aturan yang diterapkannya di kemudian hari.

5. Membantu mengembangkan kemandirian
Memberikan dukungan terhadap kemandiriannya dapat membantunya mengembangkan arah tujuan yang akan diambil kelak. Banyak orangtua salah mengartikan kemandirian anaknya, dan menyamakannya sebagai pembangkang dan pemberontak. Anak-anak menuntut kemandirian, karena kemandirian merupakan bagian dari sifat dasar manusia untuk merasa terkendali, dan bukan merasa dikendalikan oleh orang lain.

6. Bersikap konsisten
Bila aturan yang Anda berikan kepada anak berubah-ubah dari hari ke hari, atau bila Anda memaksa anak melakukan sesuatu hanya untuk waktu yang sebentar-sebentar, wajar jika anak menjadi bingung. Selalulah berusaha bersikap konsisten agar anak Anda tumbuh menjadi orang yang konsisten dan tak bingung dengan tujuan hidupnya.

7. Hindari disiplin kasar
Janganlah pernah punya keinginan untuk mengalahkan anak. Anak yang sering ditampar lebih mudah berkelahi dengan anak-anak lain, dan kemungkinannya lebih besar bagi mereka untuk menjadi penggertak atau menjadi agresif dalam mengatasi perselisihan dengan orang lain. Banyak kok, cara untuk mendisiplinkan anak, selain main kasar yang malah bisa menimbulkan sifat agresi.

8. Jelaskan aturan dan keputusan Anda
Umumnya, orangtua memberikan penjelasan yang berlebihan pada anak yang masih kecil, dan memberikan penjelasan yang kurang pada anak yang sudah remaja. Padahal, sesuatu yang tampaknya jelas bagi Anda belum tentu jelas bagi anak Anda yang berusia 12 tahun. Anak Anda tidak memiliki prioritas, penilaian atau pengalaman seperti yang Anda miliki, lho.

9. Perlakukan anak Anda dengan hormat
Cara terbaik agar anak menghormati Anda adalah dengan memerlakukannya dengan hormat. Anda harus memberi kebaikan pada anak Anda seperti kebaikan yang Anda berikan pada orang lain. Berbicaralah dengan cara yang sopan kepadanya. Hormati pendapatnya. Dengarkan dengan sungguh-sungguh bila dia berbicara. Anak-anak akan memperlakukan orang lain sebagaimana orangtuanya memperlakukannya. Hubungan Anda dengan anak Anda merupakan pondasi bagi hubungannya dengan orang lain.

Link lengkapnya:

http://www.kompas.com/read/xml/2008/06/07/1715413/9.prinsip.jadi.ortu.yang.baik

About these ads

~ by gusdek on June 7, 2008.

10 Responses to “9 Prinsip menjadi Orang Tua yang baik”

  1. Bagus sekali syarat2ny, pas buat orang tua saya yang tidak tahu bagaimana cara mengasihi anaknya secara mental

  2. gmana klo langsung kasi contoh aj !..

  3. aku sedih karena mamaku tidak memiliki ke-9 prinsip di atas…
    ia justru membuatku depresi…

  4. AKU SANGAT KASIAN SAMA PACAR AKU,,
    DY SELALU DI TINDAS SAMA ORANG TUNYA KARNA TIDAK PAHAM SAMA ANAKNYA SNDIRI,,.!!!

    YA MSALAHNYA CUMA UANG AJA..
    BAIKNYA APA YAH GAN??
    BSA KASIH SOLUSI GK,,,

    KIRIM PESAN KE FB QW AJA YAH LOW BSA KE vendieghost@yahoo.co.id
    TRIMA KASIH

  5. orang tuaku tdk punya ke-9 prinsip diatas ;’(
    mereka suka memaki, membuat kita putus asa, menghancurkan impian ku, and juga kekerasan
    mereka selalu bilang aq sudah ngasi kamu banyak uang, terus kamu perna kasi kita apa?
    mereka semua mengharapkan imbalan seperti apa yang mereka kasi, padahal yang aq minta itu mimpi ku yang pernah dirusak ;’(

  6. Bagus sekali syarat-saratnya, tepat sekali untuk orang tua saya yang tidak tahu bagaimana cara mengasihi anaknya secara fisik maupun mental

  7. bisa

  8. ya

  9. 9 pondasi sebagai orang tua yang sangat bagus…

  10. entah orang tua yg kurang faham akan anak nya atau anaknya yg kurang mengerti apa yg dimau sama orang tua..
    tp..kadang cara mereka kurang tepat buat ngungkapin hal2 yg kurang mereka suka..
    andai orang tua bs lbh mengerti bagaimana cara menjelaskan apa mau mereka tanpa harus membentak atwpun berkata kasar…
    huuummppp…

    *selalu bersyuker…semua bahagia!!!*

    makasi yahh gan buat trade tips nya..
    insya allah saya jg sebentar lg menjadi seorang ibu..
    semoga saya bs jadi 9 tips yg di atas..
    amin !!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: